5 Cara Jitu Mempercepat Loading Website

Halo sobat sascrv kali ini admin bakal nulis artikel tentang cara mempercepat loading website mu kuy langsung kita simak aja caranya di bawah ini.

Banyak studi kasus dan penelitian tentang website yang lambat memberikan efek negatif pada peringkat di SERP (Search Engine Result Page). Hal ini juga sudah dijelaskan oleh Google tentang kecepatan website menjadi salah satu faktor penentu rangking website di mesin pencari. Semakin cepat website diakses akan semakin bagus pula peringkat website tersebut pada mesin pencari.

Berikut admin bagikan 5 cara jitu agar loading website mu lebih baik dan cepat.

1. Kurangi Plugin Yang Tidak Perlu

Langkah yang pertama adalah melakukan penghapusan plugin-plugin yang dirasa tidak perlu diinstall. Bukan masalah plugin gratis kemudian kamu install sesuka hati, tetapi pilihlah plugin yang penting dan memiliki efek yang baik pada website. Perlu diperhatikan lagi pilihlah plugin yang tidak banyak memuat script, tidak banyak request dan tidak menambahkan ekstra query kepada database. jadi jangan lupa sesuaikan plugin dengan kebutuhanmu saja yaa jangan semua plugin kamu install yang akan memberatkan websitemu.

2. Optimasi Size Gambar

Saat melakukan upload gambar, usahakan memilih gambar dengan size dibawah 1MB saja. Jika lebih dari itu bisa dipastikan website kamu loadingnya lambat. Jika sudah terlanjur upload ke website, kamu tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa tool yang bisa kamu gunakan untuk melakukan compress gambar menjadi ukuran lebih ringan. Diantaranya ada:

  • Imagify
  • Smush
  • Tiny Png

3. Gunakan Plugin Caching

Caching adalah proses penyimpanan sementara data dari suatu website dengan tujuan untuk mempercepat loading website. Biasanya saat akses pertama ke suatu website akan terasa sedikit lama karena cache belum tersimpan, setelah akses kedua dan seterusnya akan terasa lebih cepat karena cache data website sudah tersimpan.

Plugin WordPress yang bisa kamu gunakan untuk melakukan caching terutama untuk pengguna WordPress yaitu:

  • W3 Total Cache
  • WP Rocket
  • WP Super Cache
  • WP Fastest Cache
  • Hyper Cache

4. Optimasi Database Website

Kamu tidak perlu repot-repot membuka baris coding yang rumit, mengoptimasi database bisa mengguankan plugin WordPress. Rekomendasi admin adalah plugin WP-OptimizeSelain bisa optimasi website juga bisa compress gambar, translate, blok komentar spam, post revisi, draft post dll. plugin ini bisa kamu dapatkan disini

5. Minify File CSS dan Javascript

Minify adalah proses menghilangkan karakter yang tidak dipergunakan dalam struktur kode. Jadi file kode menjadi lebih ringan dan bisa cepat dieksekusi, sehingga mempercepat loading website. Rekomendasi saya menggunakan plugin Autoptimize, karena sangat mudah digunakan dan membutuhkan waktu yang tidak lama saat proses minify file kode.

Sekian artikel dari admin saat ini mungkin kalian masih bigung cara mempercepat loading website kalian tenang kami siap membantu kalian untuk mempercepat loading website kalian atau kalian bisa juga mencari plugin-plugin yang admin sarankan di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *